Pengunjung Lapak

Senin, 28 Oktober 2013

Usianya Masih Sebelas Tahun


Usianya masih sebelas tahun. Hanya badannya yang tampak bongsor bila dibandingkan anak seumurnya. Pelajaran di sekolah pun tak cemerlang layaknya anak-anak berprestasi. Namun semangat beribadahnya sangat luar biasa. Bahkan mungkin manusia dewasa kalah dengan kobaran itu.
Usianya masih sebelas tahun. Meskipun ia berasal dari keluarga yang terlihat kurang mendalami agama, jarang kulihat semangat ibadahnya surut, bahkan semakin meluap.
kUsianya masih sebelas tahun. Hidupnya pun sungguh bergelimang kasih sayang dan materi. Namun itu tak melalaikan tanggung jawabnya sebagai seorang muslim.
Usianya masih sebelas tahun. Wajahnya imut tampan menggemaskan. Rasanya ingin kucubit pipi gembulnya.
Usianya masih sebelas tahun. Cerita itu dimulai ramadhan lalu, saat itu aku sedang mengajar  kakak perempuannya pelajaran Fisika. Pukulan bedug bertalu-talu keras, adzan magrib pun berkumandang. Sejenak kami berdua menghentikan kegiatan kami untuk membatalkan puasa yang telah kami tempuh sehari penuh.
Usianya masih sebelas tahun. Menjelang Isya, ia tiba-tiba mencari supirnya untuk menemaninya shalat tarawih di masjid. Saat itu Bulan Ramadhan, aku pun berpikir mungkin saja ia ingin segera meminta tanda tangan khotib dan imam untuk menulis buku agenda Ramadhan.
Usianya masih sebelas tahun dan ia ternyata berbeda. Kakak perempuannya berkata bahwa adiknya sesegera mungkin sampai di masjid karena ingin melakukan qomat sebelum shalat berjamaah dimulai. Aku terdiam dan terpaku di depan puluhan soal fisika yang tergeletak. Hati ini terharu menangis.
Usianya masih sebelas tahun. Padahal selama ini aku selalu melihatnya tidak berhenti bermain dengan ipad kesayangannya. Bahkan semua kebutuhannya selalu disiapkan oleh asisten rumah tangga. Sehingga tidak terbersit dalam pikiran ia akan memiliki semangat yang begitu besar dalam beribadah.
Usianya masih sebelas tahun. Yang kutahu, kedua orangtuanya hanya menyuruhnya untuk shalat. Mungkin tidak terpikir bagi mereka akan kewajiban seorang lelaki untuk shalat di masjid. Semangat shalat berjamaah itu timbul tanpa ada paksaan, lahir dari keluguan seorang anak.
Usianya masih sebelas tahun. Ibu dan kakak perempuannya tak berjilbab. Namun beberapa waktu lalu, ketika supir yang biasa menemaninya ke masjid sedang libur bekerja, ibunya dengan tanpa jilbab menemaninya untuk melakukan iqomat dan shalat berjamaah di masjid.
Usianya masih sebelas tahun dan kakak perempuannya pun tidak pernah absen untuk shalat dhuha. Di sela pelajaran sekolah, kakak perempuannya selalu mengajak temannya yang berjilbab untuk beribadah shalat dhuha. Temannya yang tidak berjilbab tidak pernah mau diajak ke mesjid, katanya.
Usianya masih sebelas tahun. Dan masih banyak anak-anak soleh yang bahkan berusia sangat muda, memiliki ilmu serta semangat beribadah tinggi. Seperti Imam Syafii yang di usia tujuh tahun hafal Al Quran dan di usia dua belas tahun beliau membaca dan menghafal kitab Al-Muwaththa’ karya Imam Malik. Lalu pada masa ini, seorang anak berusia tujuh tahun bernama Husein Tabataba'i mendapatkan gelar doktor honoris causa dari Hijaz College Islamic University Inggris karena hafal dan paham Alqur'an. Betapa usia tidak menjadi penghalang dalam beribadah.
Usianya masih sebelas tahun. Memang ilmu dan semangat beribadahnya masih kalah jauh dengan Imam Syafii dan Husein Tabtaba’I, namun ia telah membuktikan bahwa di usia muda, ia sudah mulai memiliki kemauan kuat untuk beribadah secara benar.
Usianya masih sebelas tahun. Aku pun mulai berkaca. Ketika seusia itu sudahkan shalatku benar? Sudahkah aku menutup aurat? Sudahkah aku mengkaji ilmu agama? Sudahkan aku se-istiqomah dia? Belum.
Usianya masih sebelas tahun. Kuharap dengan ketulusannya dalam mencinta Allah, akan membawa keluarganya semakin dekat kepada Rabbnya. Kuharap dengan ketulusannya dalam menyembah Allah, akan menggerakkan hati keluarganya agar tersemangati mendalami ilmu agamanya.


28 Oktober 2013
*Malam bersama senandung hujan
oleh Amalia Larasati Oetomo

0 komentar:

Posting Komentar

Share this article ^^